adsense

Selasa, 13 Maret 2012

Nama Seni Pertunjukan/Teater Rakyat di Indonesia


1. Banjet : Pertunjukan rakyat di daerah Jawa Barat bagian utara.




2. Kethoprak : Hidup di daerah Jawa Tengah, ceritanya diambil dari sejarah atau babad zaman raja-raja dahulu.

3. Laes/rintren : Permainan rakyat yang mengandung unsur kegaiban di daerah Jawa Tengah.

4. Lengguk : Seperti rudat, di daerah Jawa Tengah.

5. Lenong : Seperti ludruk, hidup di daerah Jakarta.

6. Ludruk : Hidup di daerah Jawa Timur, ceritanya merupakan kejadian sehari-hari atau mengambil tokoh-tokoh tertentu.

7. Makyong : Pertunjukan rakyat di daerah Riau, pelakunya memakai topeng dan kuku buatan yang panjang.

8. Mamanda : Pertunjukan rakyat di daerah Kalimantan. lebih hanyak bersifat komedi.

9. Opak Alang : Kethoprak yang diiringi rebana, di Java Tengah bagian Utara.

10. Randai : Nyanyian yang disertai gerak tari dan silat dari daerah Sumatra Barat.

11. Reog : Dari daerah Ponorogo, Jawa Timur. Permainannya memakai topeng kepala macan. Di hiasi bulu-bulu merak, sering disertai dengan kuda kepang.

12. Rudat : Seni tari dan nyanyian yang diiringi bana, di daerah Jawa Barat. Lagu-lagunya berisi ajaran agama Istam.

13. Srandul : Seperti ketoprak, tetapi tebih sederhana, cukup dimainkan di halaman rumah, hidup di daerah Jawa Tengah.

14. Tarling : Seperti ludruk yang hidup di daerah Cirebon, Jawa Barat.

15. Wayang Golek : Hidup di daerah Jawa Tengah, dimainkan oleh seorang dalang.

16. Wayang Kulit : Hidup di daerah Jawa Tengah dimainkan oleh seorang dalang

17. Wayang orang : Hidup di daerah Jawa Tengah, ceritanya diambil dan Mahabarata atau Ramayana.





1. Ketoprak
Seni pertunjukkan daerah di DIY dan Jateng ini isinya atau ceritanya berdasarkan babad atau cerita rakyat. Permainannya di iringi dengan gamelan jawa disertai tembang dan tarian. Pentasnya dapat berlangsung selama 4 sampai 5 jam
kesenian ketoprak
2. Lais / Sintren, Lengger
Yaitu kesenian tradisional yang inti pertunjukannya menggunakan medium mistis sehingga pemain akan mengalami keadaan yang disebut trance. Pelaku utamanya seorang gadis remaja. Pembantu pemain ada yang disebut bodor. Ceritanya baku / monoton tetapi atraksinya yang bersifat mistis mempunyai daya tarik sendiri.
lais, lengger3. Ludruk
Kesenian tradisional khas jawa timur khas sandiwara, pelakunya adalah kaum laki-laki semua bahkan untuk peran perempuannya. Ceritanya berdasarkan cerita rakyat atau dapat juga berasal dari kreasi para pemainnya.
ludruk 4. Makyong
Seni teater tradisional dari pulau Bintan, Riau yang dilakukan baik siang maupun malam, selama kira-kira 3 jam pelakunya kurang lebih berjumlah 15 orang pria dan wanita yang semuanya memakai topeng dan canggai.
makyong riau
5. Mamanda
Seni teater masyarakat Kalimantan Selatan dengan tema cerita yang pada umunya menggambarkan para penguasa yang kurang bijak dan masyarakat yang baik
kesenian mamanda
6. Randai
Tarian yang dibawakan oleh sekelompok orang yang berkeliling membentuk lingkaran sambil bernyanyi dan bertepuk tangan, merupakan medium cerita “kaba” di daerah Sumatra Barat
randai teater dance
7. Reog
Merupakan pertunjukkan kesenian rakyat yang berasal dari Ponorogo. Ceritanya di ambil dari cerita rakyat tentang kesaktian Prabu Kala Sewandono yang berhasil menaklukkan Raja Singobarong. Selain itu juga menampilkan manusia berkepala harimau dan berjubah bulu merak yang sering disebut dadak merak, yang dikawal para siluman / setan dan prajurit berkuda. Pertunjukan ini juga sering diselingi dengan permainan yang berbau mistis
reog
8. Rodat
Seni tari dan nyayian yang di iringi oleh  reban di daerah Jawa Barat. Lagunya berisi mengenai ajaran islam. Kesenian ini agak jarang ditemui sekarang ini entah hilang atau semakin sedikit orang yang tidak peduli akan kesenian di daerahnya. Berikut gambar mengenai rodat (maaf apabila ada kesalahan dalam pengambilan gambar)
seni rodat
9. Srandul
Asal muasal kesenian srandul saya kurang tahu pasti, tetapi kesenian ini berkembang di daerah Jawa Tengah. Kesenian ini mirip dengan ketoprak tetapi lebih sederhana dan cukup dimainkan di halaman rumah.
kesenian srandul
11.Wayang Kulit / Purwo
Kesenian ini hidup di pulau jawa. Dimainkan oleh seorang Dhalang, di iringi  gamelan lengkap dengan waranggono (penyanyi). Sumber cerita adalah Mahabarata dan Ramayana. Biasanya dimainkan semalam suntuk tetapi sekarang ada yang dimainkan hanya 4 jam yang disebut pakeliran padat. Pergelaran wayang kulit kontemporer  dilengkapi dengan grup lawak dan musik campursari, jadi tidak perlu diiringi dengan gamelan jawa dan waranggono.
wayang kulit/purwo
12. Wayang Golek
Merupakan kesenian wayang dari Jawa Barat, dengan sumber cerita dari kitab Mahabarata dan Ramayana. Wayang golek juga dimainkan oleh seorang dalang yang diiringi gamelan dan penyinden. Untuk memikat generasi muda sekarang ini wayang golek sering diselingi dengan jaipongan dan lawak.
wayang golek13. Wayang Orang
Merupakan kesenian dari jawa tengah, dalam bahasa jawa disebut juga wayang wong. Sesuai dengan namanya perang wayang diperankan oleh manusia. Mereka memakai pakaian sama seperti hiasan-hiasan yang dipakai pada wayang kulit. Supaya bentuk muka atau bangun muka mereka menyerupai wayang kulit (kalau dilihat dari samping), sering kali pemain wayang orang ini diubah/ dihias mukanya dengan tambahan gambar atau lukisan. Sekarang ini pertunjukkan wayang orang modern bisa dikatakan seperti OVJ (Opera Van Java).
wayang wong

1 komentar: